Home / berita umum / Tergelincir,Seorang Pemulung Hilang Dalam Gunungan Sampah Di Supiturang

Tergelincir,Seorang Pemulung Hilang Dalam Gunungan Sampah Di Supiturang

Tergelincir,Seorang Pemulung Hilang Dalam Gunungan Sampah Di Supiturang – Apa yang terjadi apabila rantai kehidupan tidak ada pemulung. Posisinya yang berada di sangat ujung, terkadang terlupakan. Walau sebenarnya, pekerjannya menantang maut. Seperti tampak di Tempat Pembuangan Akhir (TP) Supiturang, Malang, Jawa Timur.

” Jumlahnya pemulung disini sampai beberapa ratus orang. Mereka telah bertahun-tahun mencari sampah yang dapat di jual. Kehadiran mereka kami kenali, bukanlah ilegal, ” papar Kepala UPT TPA Supiturang Ikut Setiaji pada wartawan, Kamis (12/7/2018) tempo hari.

TPA Supiturang ada di lokasi Mulyorejo, Sukun, Kota Malang, dengan luas ruang kira-kira 32 hektare. Sesaat volume datang dari rumah tangga juga sampah lainnya selalu berdatangan sampai gunungan sampah berlangsung di beberapa titik.

” Luasnya 32 hektare, namun sebetulnya telah tidak dapat menyimpan lagi, ” jelas Ikut.

Di dalam gunung sampah itu, nahas menerpa seseorang pemulung Agus Sujarno (45). Korban bersama dengan dua partnernya tengah repot memungut sampah di TPA Supiturang pada Rabu (11/7).

Tak tahu apa sebabnya, mereka tergelincir dari gunungan sampah yang menumpuk di ruang Supiturang. Dua rekanan korban sukses selamat dari momen itu. Sampai pagi hari ini, Agus belumlah ketemu serta penelusuran masih tetap dikerjakan.

Di bagian lainnya, Pemkot terasa rasa kemampuan TPA telah tidak wajar lagi. Oleh karenanya, Pemkot merencanakan mencari tempat baru.

” Diluar itu kita saksikan memanglah tempat ini (Supiturang), cukup sudah memprihatinkan. Sehari-hari ada 500 ton sampah dengan 150 truk. Ini selalu menumpuk serta kita mencari jalan keluar yang terunggul. Jadi ini ada juga evaluasi untuk Pemkot (Malang) serta untuk pemulung agar (tidak) cuma karena suatu dia tidak pedulikan keselamatannya, ” papar Plt Wali Kota Malang Sutiaji.

About admin