Home / berita umum / Tangkap 2 Kapal Diduga Transfer BBM Ilegal di Priok, 3 Orang Turut Diamankan

Tangkap 2 Kapal Diduga Transfer BBM Ilegal di Priok, 3 Orang Turut Diamankan

Tangkap 2 Kapal Diduga Transfer BBM Ilegal di Priok, 3 Orang Turut Diamankan – Bakamla tangkap dua kapal yang disangka akan mentransfer BBM ilegal di Perairan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tiga orang ikut ditangkap berkaitan masalah ini.

“Masih tetap dicheck serta diminta info berkaitan dengan kapal Michael 6 ada tiga orang. Nakhoda inisial S, mualim inisial H, serta kepala operasional inisial I,” tutur Komandan KN Belut Laut 4806 Kompol Heni Mulyono pada wartawan diatas kapal Self-Propelled Oil Barge (SPOB) Michael 6 di Teluk Jakarta, Jakarta Utara, Senin (12/11/2018).

Penangkapan berlangsung pada Sabtu (10/11) malam hasil dari patroli KN Belut Laut 4806. Kapal SPOB Michael 6 tampak bertumpu ke KM Nusantara Cemerlang, yang dinakhodai Eko Yulianto. Waktu kontrol, awak kapal tidak dapat tunjukkan dokumen sah mengangkat BBM.

“Saat dicheck, ia tidak dapat tunjukkan dokumen kapal atau muatan berbentuk HSD lebih-kurang 50 ton,” kata Heni.

Bakamla temukan terdapatnya 50 ton BBM type High Speed Diesel (HSD) di kapal SPOB Michael 6. Bakamla masih tetap menyelidik pendapat transfer BBM ilegal dari kapal SPOB Michael 6 ke KM Nusantara Cemerlang.

“Untuk sekarang ini memang masih tetap tengah pendalaman. Apa kapal ini tengah melakukan transfer ke KM Nusantara Cemerlang, itu masih tetap pendalaman oleh team kami dari Bakamla,” jelas Direktur Operasi Laut Bakamla Laksamana Pertama Syawal Embun di tempat yang sama.

Waktu dicheck, kata Syawal, kapten kapal SPOB Michael 6 membuat pengakuan bersalah. “Mereka cukuplah kooperatif, terutamanya yang kapal Michael 6 ini. Cukuplah kooperatif memberi info pada team pemeriksa. Dan kapten dari Michael 6 ini telah membuat pengakuan jika memang lakukan kekeliruan,” terangnya.

About admin