Puluhan Kera Liar Sering ke Permukiman Warga di Lumajang untuk Cari Makan

Puluhan Kera Liar Sering ke Permukiman Warga di Lumajang untuk Cari Makan – Segerombolan kera liar turun ke permukiman serta masuk ke rumah penduduk Lumajang. Beberapa puluh kera yg turun ke pemukiman Desa Condro Kecamatan Pasirian, membuat cemas penduduk.

Bahkan juga kera-kera itu masuk ke kebun penduduk serta konsumsi buah seperti pisang atau pepaya. Turunnya kera semenjak sekian hari ini dari Gunung Tambu. Disangka tak ada makanan hingga mereka turun gunung.

” Kera liar ini kerap ke permukiman penduduk untuk mencari makan sekian hari ini. Kadangkala keranya makan pisang, papaya di kebun. Bahkan sampai ada yg masuk ke rumah penduduk, ” papar salah satunya penduduk Desa Condro, Lilis Saparini (45) waktu di konfirmasi, Minggu (17/2/2019) .

Untuk menangani serangan kera itu, penduduk cuma menangkis waktu hadir ke permukiman.

” Bila kera hadir ke permukiman ya kami halau saja serta mereka langsung lari. Belumlah ada yg menyerang penduduk, ” papar Lilis.

Soal seirama diutarakan Junaidah (35) penduduk Desa Condro. Diakui dia kera-kera itu berdiri diatas genting. ” Bila telah turun gunung, kera-kera itu hadir serta naik ke genting rumah penduduk. Ini kera-kera turun dari Gunung Tambu, mungkin tak ada makanan di gunung. Jadi turun ke permukiman penduduk, ” lebih Junaidah.

Kepala Desa Condro membetulkan gerombolan kera mendatangi permukiman penduduk. Kera-kera itu kebanyakan hadir pagi atau sore hari. Sekali hadir, banyak 5 sampai 20 ekor.

” Di Gunung Tambu memang banyak kera liar, namun bila yg turun ke pemukiman kurang lebih menggapai 20 ekor-an. Kebanyakan mereka turun untuk mencari makan, ” papar kepala desa.