Home / berita umum / Demi Jaga Kebersihan Stadion Patriot, 70 Relawan Dikerahkan

Demi Jaga Kebersihan Stadion Patriot, 70 Relawan Dikerahkan

Demi Jaga Kebersihan Stadion Patriot, 70 Relawan Dikerahkan – Kebersihan di Stadion Patriot Candrabaga terus dijaga sepanjang pertandingan Asian Games. Sejumlah 70 orang relawan dikerahkan untuk mengawasi kebersihan stadion.

” 70 orang (volunteer). Menjadi, memang tiap-tiap kompetisi, 1/2 main (fase pertama usai) itu kita kumpulkan dari tribun (atas) ke bawah, kelak (besok pagi) kita buang ke TPS. Sesudah usai fase ke-2 juga sama kita kumpulkan, ” tutur Kepala UPTD Stadion Patriot Candrabaga Endang Tohari.

Pada kompetisi Indonesia Versus China Taipei pada Minggu (12/8) malam, beberapa pendukung memungut sampah di stadion. Peristiwa ini terekam video yang lalu viral di medsos.

Menurut Endang, perbuatan memungut sampah itu bukan cuma dijalankan oleh pendukung, tapi juga oleh volunteer. Tetapi, Endang mengapresiasi kesadaran pendukung yang pengin memunguti sampah sendiri di staidon.

Keseluruhan ada 400-an kantong plastik berisi sampah yang dikelompokkan dari ajang tribun. Sebagian besar yaitu sampah sisa botol plastik makanan dan minuman mudah.

Sampah sangat banyak dikelompokkan di tribun utara serta selatan. Kecuali sampah sisa minuman serta makanan, juga ada sampah poster.

Endang mengimbau biar pendukung mengawasi kebersihan dengan tak tinggalkan sampah atau meminimalkan membawa barang, makanan atau minuman yang memunculkan bekas sampah. Di tiap-tiap tribun udah disediakan tempat sampah untuk buang sampah.

” Mereka jangan sampai tinggalkan (sampah) di tribun, keliatannya menjadi kotor. Kala orang asing lihat, kan namanya kertas putih kan keliatan banget, saya rekomendasikan kita (penduduk) Idonesia, Stadion Patriot kita menjaga kebersihannya, buang sampah pada tempatnya, trash bag udah disediakan di tribun, ” lanjutnya.

Walaupun udah ada usaha pembersihan waktu malam barusan, beberapa sampah kertas masihlah berantakan di stadion pagi hari ini. Pengelola dikit terhambat bersihkan sampah, sebab lampu stadion langsung dimatikan sesudah kompetisi selesai.

” Kendalanya kan sebab lampu (stadion) langsung kita matikan 15 menit sesudah peluit (panjang), lampu kita matikan supaya mereka bubar. Sebab jika kita nyalakan risikonya mereka tak mau turun (dari tribun). Jika di (kompetisi) Persija kan 5 menit sampai 10 menit kita matiin (lampu stadion), jangan sempat mereka (pendukung) coret-coret kan kita tidak tahu, ” ujarnya.

About admin