Burung Pipit Di Lepas Dari Sangkar Peringati Perayaan Imlek

Burung Pipit Di Lepas Dari Sangkar Peringati Perayaan Imlek – Beberapa penduduk memadati Vihara Ekayana Arama, Jakarta Barat, untuk melakukan beribadah di Tahun Baru Imlek. Dalam peryaan Imlek, ada salah satunya kebiasaan yang menarik yakni melepas burung yang ada pada sangkar ke alam bebas.

Detikcom memonitor situasi di Vihara Ekayana Arama, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (5/2/2019), pengunjung banyak yang datang ke vihara untuk melakukan ritual perayaan Imlek. Kebiasaan melepas burung pipit jadi prosesi yang tentu dikerjakan dalam perayaan itu, karena itu banyak juga pedagang burung pipit yang berdagang di seputar tempat vihara.

Salah seseorang pengunjung vihara, Yayan (70) serta Indah (49) mengakui beli burung pipit di harga Rp 2.000 per ekor. Mereka beli burung sekitar 20 ekor. Indah menjelaskan ingin membebaskan burung dengan keinginan rezekinya tahun ini dilancarkan.

“Ya, sehat, panjang usia, gampang rejeki,” kata Indah waktu didapati di tempat.

Indah pun menuturkan bukan sekedar waktu Imlek saja melepas burung serta hewan peliharaan. Tapi, pun di hari spesifik seperti hari perayaan ulang tahun serta perayaan yang lain.

“Tidak setiap Imlek saja sich, sebetulnya kita dapat berikut 2x satu bulan setiap tanggal 1 atau tanggal 15. Selalu tidak hanya burung saja, ikan pun, semua binatang peliharaan lah intinya, atau di hari-hari perayaan, kaya ulang tahun,” tuturnya.

Kebiasaan pelepasan burung pipit ini pula membawa karunia untuk masyarakat yang lain. Hamdan (48) contohnya, penjual burung pipit di seputar vihara, mengakui waktu Imlek banyak yang beli burung pipitnya itu. Ia megatakan waktu Imlek semacam ini dapat memperoleh uang sampai Rp 2 juta.

“Ya bergantung, barusan yang satu kotak itu mah dikit hanya 25 ekor. Terkadang ada yang 10, tetapi justru ada pula yang pesan sampai seribu, dua ribu, sampai yang Rp 2 juta bayarnya ada juga,” kata Hamdan.