Home / berita bola / Bekas Belgia U-21 Dion Cools Bela Timnas Malaysia

Bekas Belgia U-21 Dion Cools Bela Timnas Malaysia

Bekas Belgia U-21 Dion Cools Bela Timnas Malaysia – Bekas Belgia U-21 Dion Cools jadi anggota anyar Tim nasional Malaysia. Nasibnya lebih bagus dibandingkan Kevin Diks serta Sandy Walsh yang gagal bela Tim nasional Indonesia.

Dion Cools dengan resmi dikenalkan Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) jadi pemain anyar Tim nasional Malaysia, Selasa (1/6/2021). Proses perpindahannya dari Belgia ke Malaysia juga diputuskan FIFA.

FAM juga telah memasukkan Dion Cools bersama teman-teman anyarnya di Tim nasional Malaysia yang saat ini ada di dalam Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Sesuai sama Tim nasional Indonesia, Tim nasional Malaysia pula buat Dubai jadi area Pemfokusan Latihan (TC) untuk persiapam Kwalifikasi Piala Dunia 2022 Group G.

Nasib Dion Cools memiliki potensi membuat iri Kevin Diks serta Sandy Walsh yang tak juga dinaturalisasi PSSI untuk menguatkan Tim nasional Indonesia. PSSI pernah sempat membuat pengakuan sah jika Kevin Diks sudah tidak kemungkinan dinaturalisasi sebab pernah menguatkan Tim nasional Belanda kelas umur serta itu berseberangan dengan statuta FIFA.

Kevin Diks nyatanya pernah bermain untuk Tim nasional Belanda waktu berusia 21 tahun. Pasal 5 Ayat 2 Statuta FIFA menuturkan, seorang pemain yang pernah bela suatu negara di pertandingan sah FIFA tidak punya hak untuk bela federasi lain di kompetisi internasional,” tuliskan pengakuan sah PSSI di 22 September 2020.Dari penyelusuran, PSSI waktu itu belum merujuk ke Statuta FIFA terkini (2020). Statuta FIFA terkini edisi 2020 betul-betul anyar muncul gak lama sehabis PSSI keluarkan pengakuan itu.

Menariknya, dalam kasus Dion Cools, ia telah berusia lebih pada 21 tahun waktu akhir kali menguatkan Tim nasional Belgia menantang Italia di Piala Eropa U-21, 23 Juni 2019. Waktu itu pemain yang menguatkan FC Midtjylland itu telah berumur 23 tahun.

Kalau merujuk ke statuta FIFA sebagai argumen PSSI tidak mau menaturalisasi Kevin Diks, mestinya Dion Cools gak dapat berpindah untuk menguatkan Tim nasional Malaysia. Realitanya, saat ini FIFA udah memberlakukan peralihan Dion Cools supaya bisa menguatkan Tim nasional Malaysia di arena sah.

Disamping Kevin Diks, ada Sandy Walsh yang paling ingin bela Tim nasional Indonesia. Tapi keinginan itu tidak pernah digubris oleh PSSI.

Sesuai sama Dion Cools, Sandy Walsh sempat pula menguatkan bermacam tingkat Tim nasional Belgia grup umur. Masalah Sandy Walsh, PSSI tidak pernah tunjukkan interes untuk menaturalisasi bek sayap kelahiran 1996 asal club FC Malinois di Liga Belgia itu.

Kesuksesan Dion Cools berpindah kewarganegaraan gak terlepas dari kesungguhan FAM menaturalisasi Dion Cools, semenjak menjelaskan minatnya bela Harimau Malaya. Sementara Walsh serta Diks hanya dapat mengelus dada sebab kemauan mereka bertepuk samping tangan.

Sing sabar ya, Sandy Walsh serta Kevin Diks.

About penulis77