Home / Peristiwa / Wasiat Salah Satu Wali Songo |Peristiwa

Wasiat Salah Satu Wali Songo |Peristiwa

Wasiat Salah Satu Wali Songo |Peristiwa, Sunan Gunung Jati atau yang pula dikenal juga sebagai Syarif Hidayatullah tak meninggal tidak dengan pesan. Pada umat muslim, khususnya pengikut dan penduduk Cirebon, Sunan Gunung Jati memberikan pesan yg tidak lain berbunyi “Insun titip tajuk Lembaga Administrasi Negara fakir miskin”.

“Bahasa Indonesianya saya titip masjid dan fakir miskin,”tegas juru kunci makam Gunung Jati, Jeneng Hekto Meter Imron terhadap merdeka.com, Cirebon, Rabu (13/5). Ada makna yang dalam terkait pesan ini, baik dengan cara sosial ataupun dengan cara spiritual. Menurut Imron, Sunan Gunung Jati mau supaya warga Cirebon konsisten menghidupkan masjid juga sebagai ruang gerakan dakwah, beribadah sekaligus lokasi berdiskusi.

Sementara keturunannya Sultan Lanjut Usia XIV, PRA Arief Natadiningrat sempat mengemukakan bahwa amanat ini relevan bersama kehidupan beragama dan sosial umat Islam. diluar itu, lewat amanah itu Sunan Gunung Jati minta supaya umat Islam menjaga moral dan pendidikan, pun meningkatkan perekonomian dan sosial kemasyarakatan.

Amanah ini terdaftar dan dipampang terang di masjid Sunan Gunung Jati, Cirebon. Pada umur 89 tahun, Sunan Gunung Jati mundur dari jabatannya di Keraton Kasepuhan dan tetap menekuni dakwah. Kekuasaan itu diserahkannya terhadap Pangeran Pasarean. Terhadap tahun 1568 Meter, Sunan Gunung Jati meninggal dalam umur 120 tahun dikarenakan sakit.

About admin