Kali Cipinang Muara 1 Berubah Jadi Biru, Begini Penjelasan Warga

Kali Cipinang Muara 1 Berubah Jadi Biru, Begini Penjelasan Warga – Air di saluran Kali Sunter Cipinang Muara 1 di Duren Sawit, Jakarta Timur, mendadak beralih jadi biru. Kok dapat?

Pengamatan di Jl Al-Ikhlas, Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (2/5/2019), air di kali terlihat berwarna biru. Basic kali tidak kelihatan . Ada satu alat berat di kali yang pinggirnya dipenuhi sampah itu.

Berdasar pada info masyarakat bernama Muhammad Indra Hermawan (24), warna biru di kali itu telah sirna dibandingkan situasi tadi siang. Ia sudah sempat merekam serta memphoto situasi abnormal itu.

“Jam 12.00 WIB saya lihat kok kalinya biru serta barusan yang lihat bukan hanya saya. Masyarakat banyak pada lihat. Saya katakan ini adakah yang buang cat, tetapi ini kayanya tidak mungkin cat, itu banyak,” kata Indra di tempat.

Menurut Indra, warna biru di kali itu tadi siang lebih pekat. Dari percakapannya dengan anggota PPSU, warna biru itu ada baru saja.

“Saya bertanya sama petugas PPSU yang pekerjaan di sini. Ia katakan jam 11-an belum warna. Sesudah jam makan siang itu, sesudah ia kembali lagi kesini langsung biru semua. Selalu ia susuri tuch saluran sungai ini. Tuturnya sich kurang-lebih timbulnya itu tidak dari BKT,” papar mahasiswa ini.

Petugas UPK Tubuh Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Yusuf Priyandi yang ada di tempat lihat pergantian warna kesempatan ini. Yusuf keseharian bekerja jadi petugas keamanan alat berat.

“Baru kesempatan ini lihat. Baunya sich tidak ada, tetapi warna birunya jelas. Kaya biru pewarna baju. Tidak kaya biru air biasa,” sebut Yusuf.